Pustaka Digital Ibu dan Anak


Aku Bisa Berjoget!

Posted in Parent Guide by nugraad001 on March 23, 2009

Aku Bisa Berjoget!

Berjoget atau menari merupakan bentuk stimulan yang tidak hanya menyenangkan tapi juga menyehatkan karena merangsang fungsi otak dan juga mengembangkan motoriknya.

Leony (2 tahun) langsung melompat-lompat mengikuti iringan musik sambil mengayun-ayunkan tangan setiap kali Dion (9 tahun) sang kakak, berlatih piano memainkan lagu Mary had a litlle lamb. Kemudian dia berputar seperti kupu-kupu, dan menggoyangkan pinggul sambil menggeleng-gelengkan kepalanya. Ia akan menari sesuka hati dengan gerakan bebasnya. Leony akan melakukan hal seperti itu lagi setiap kali mendengar lagu-lagu bernada riang dari TV, CD maupun piano. Sandra, sang mama senang dan geli melihat polahnya. Leony semakin bersemangat saat Sandra memberikan tepuk tangan dan memberikan hadiah ciuman Aduh senangnya!

Menari merupakan kegiatan yang menyenangkan bagi balita. Karakteristik anak usia 2 tahun yang selalu aktif, tidak bisa diam dan akan menjelajah seluruh bagian rumah. Dia akan berlarian ke sana ke mari untuk menyalurkan energinya. Melompat-lompat di atas kasur, memanjat kursi, tangga, bahkan lemari.

Menurut Arnold Gessel dalam bukunya The First Five Years of Life, anak usia dua tahun sangat menikmati aktivitas motorik kasar. Mereka mengalami perkembangan fisik terutama di bagian tulang dan tumit yang fleksibel. Mereka sudah bisa mengontrol keseimbangan ketika berdiri dengan satu kaki. Mereka terampil melompat, dan menendang bola. Perasaan senang seringkali mereka ekspresikan dengan menari, melompat, bertepuk, dan juga tertawa lepas.

Alunan musik yang riang akan merangsang si kecil untuk bergerak. Berjoget atau menari merupakan bentuk stimulan yang tidak hanya menyenangkan tapi juga menyehatkan karena merangsang fungsi otak dan juga mengembangkan motoriknya. Jangan berharap anak 2 tahun akan mempersembahkan gerakan-gerakan balet nan indah. Tapi di balik gerakan – gerakan yang lucu dan menggemaskan itu sebenarnya mereka sedang belajar mengkoordinasikan otak, otot dan jaringan syarafnya. Dalam keriangan, mereka mengasah ketrampilan, kreativitas, kelenturan, keseimbangan, kekuatan, dan refleks yang baik. Jadi jangan anggap enteng tingkah lucu mereka. Kalau kita tidak memberikan respon yang positif berarti kita akan kehilangan salah satu kesempatan emas yang menunjang pertumbuhan anak kita.

IKUTLAH MENARI!

Tidak bisa menari? Itu bukan alasan. Temanilah si kecil menari, pasti dia akan semakin kegirangan. Pasanglah CD musik yang riang atau kita nyanyikan lagu-lagu sederhana sambil membuat gerakan yang sesuai. Berputar, melompat, menghentak, membungkuk, merentangkan tangan, melambai, bertepuk dan berteriak pasti membuat suasana bertambah ramai. Peganglah tangannya, atau biarkan kakinya bertumpu pada kaki kita, kemudian berputarlah. Si kecil akan merasa terbang melayang seperti lagu Westlife, Flying without wing.

Jangan salah, pada saat kita merasa kecapaian ternyata si kecil tidak mau berhenti. Mereka merengek supaya kita melanjutkan tarian seoalah-olah mereka tidak punya rasa capai. Energi mereka sangat besar dan baru akan berhenti menari saat mereka kelelahan. Menari merupakan cara mereka menyalurkan energi.

BERI DUKUNGAN

Untuk mendukung perkembangan anak diperlukan stimulasi baik dari orangtua maupun lingkungan di sekitarnya. Stimulasi tersebut sangat berguna dalam merangsang kemampuan dan kecerdasan anak. Salah satu stimulasi yang diberikan orangtua adalah memberi dukungan, mengajari menari dan menyanyi dengan cara :

* Pilihkan lagunya. Pilih lagu yang riang dan easy listening bagi anak. Lagu Old Mc. Donald’s Farm bisa dinyanyikan dengan gerakan sederhana dan kita dapat menirukan berbagai suara binatang. Sangat mengasyikkan. Atau kita bisa menyanyikan lagu ”Topi Saya Bundar” dengan gerakan sederhana yang tidak membuat anak kesulitan untuk menirukan.

* Perdengarkan berbagai macam musik. Jika dia menikmati, dia akan menggoyang-goyangkan badannya mengikuti musik. Ajak anak Anda bermain dengan ’nyala-mati’ musik. Pada saat musik dimatikan jadilah patung, dan bergeraklah lagi pada saat musik dinyalakan. Lakukan berulangkali.

* Ajaklah si kecil menari di tempat yang longgar dan aman. Jangan sampai kepalanya membentur tembok dan lemari, atau vas kristal Anda akan menjadi korban putaran goyang sambanya. Simpan barang pecah belah Anda di tempat yang aman. Singkirkan benda-benda yang beresiko membuatnya tersandung dan tergelincir.

* Jadilah contoh yang baik. Dia akan mengikuti semua gerakan Anda. Pilihlah gerakan yang sederhana dan hindari gerakan sensual. Karena anak akan sangat cepat merekam dan menirukan kembali apa yang dia lihat dan dia dengar. Jangan lupa, dia adalah peniru ulung!

* Pakai properti yang ada di rumah. Gunakan selendang, sarung, selimut, topi, gayung, panci, sendok dan garpu bisa menjadi konstum dan pelengkap tarian.

* Berikan apresiasi. Tepuk tangan, ciuman dan pujian membuat anak merasa dihargai.

* Dokumentasikan. Jika memungkinkan ambillah gambar dengan kamera atau rekamlah dengan handycam. Gambar tersebut akan sangat berharga kelak pada saat dia dewasa.

Stimulasi yang kita berikan akan meningkatkan eksplorasi si kecil pada musik, lagu dan tarian, dan akan membawa banyak manfaat positif pada kecerdasannya, baik fisik maupun emosinya Jadi, tunggu apa lagi. Let’s dance together! PG

Dansa Yuk, Dansa!

Inilah beberapa contoh lagu anak yang cocok untuk dibawakan sambil menari: :

* Old Mac Donald : berjalan, berputar, menirukan suara berbagai binatang

* If you happy : bertepuk, menghentakkan kaki, dan berteriak.

* The wheel on the bus : berputar, berdiri, duduk, jongkok dan berteriak

* Twinkle-twinkle little star : mengerakkan jari-jari tangan dan menggoyang-goyangkan badan

* Butterfly : gerakan terbang, berputar, dan mengayun

* Happy family : berputar, bergandengan, berpelukan

* Satu-satu : gerakan jari, pelukan

* Kelinci : melompat, membungkuk, menggoyangkan badan

* Cicak : melompat, menggoyangkan badan dan berteriak

* Balonku : gerakan jari, melompat dan mengerakkan badan

* Naik kereta api : berputar-putar, melambai, dan bergoyang.

* Topi saya bundar : gerakan tangan mengikuti syair lagu

* Menanam jagung : berjalan, berputar, dan mengayun

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: