Pustaka Digital Ibu dan Anak


Mempersiapkan Kelahiran Bayi

Posted in Pikiran Rakyat by nugraad001 on September 25, 2007

pr-head.gif

Menyambut kelahiran calon jabang bayi sungguh memerlukan persiapan yang sangat ekstra. Persiapan tersebut meliputi persiapan fisik, mental, dan aspek keuangan.

Sebenarnya mempersiapkan kelahiran bayi sebaiknya dilakukan sejak awal, bahkan sejak mulai berumah tangga. Berikut adalah daftar pengeluaran yang bersifat wajib atau sebaiknya dilakukan, yakni :

– Konsultasi rutin tiap bulan ke dokter kandungan.
– Vitamin dan susu khusus ibu hamil.
– Baju, celana, dan popok bayi.
– Kosmetik dan perlengkapan mandi bayi.
– Boks bayi dan perlengkapan tidur.
– Biaya melahirkan dan rawat inap.
– Biaya konsultasi ke dokter anak, imunisasi.
– Biaya tak terduga lainnya seperti kalau bayi sakit.

Banyak bukan komponen biayanya? Itu belum semua biaya, ada baiknya mencoba menyusun perkiraan biaya yang mungkin timbul.

Lakukanlah perhitungan secara teliti dan detail seluruh kebutuhan biaya yang mungkin timbul. Kemudian mulai sisihkan dana tersebut sedikit demi sedikit, bahkan setiap saat kita memiliki uang lebih, simpanlah dalam tabungan di bank.

Bagi yang kebetulan menjadi karyawan atau karyawati, periksalah apa yang menjadi hak kita selaku pegawai apabila istri melahirkan. Berapa besar biaya yang dapat ditanggung oleh perusahaan. Pilihlah salah satu fasilitas kesehatan atau melahirkan dari perusahaan yang memberikan pelayanan paling tinggi. Kita juga bisa meminta informasi lebih detail kepada bagian SDM mengenai perkiraan tanggal cuti, gaji semasa cuti, biaya konsultasi ke dokter kandungan, dan biaya melahirkan.

Kemudian dari daftar kebutuhan perlengkapan bayi, sesungguhnya kita bisa berhemat asalkan kita mau menggunakan seluruh perlengkapan dan keperluan bayi yang sudah pernah dipakai. Tentunya hal ini bisa dilakukan jika kita memiliki saudara atau teman dekat yang rela menghibahkan perlengkapan dan kebutuhan bayi tersebut. Pada umumnya, bila masih terhitung saudara dekat seperti kakak, adik, atau sepupu, sepanjang mereka tidak sedang memerlukan, dengan senang hati mereka akan meminjami atau bahkan memberikannya.

Sebagai langkah antisipasi darurat mengenai kebutuhan dana yang mungkin harus kita sediakan nantinya, bisa kita siapkan melalui :

– Memeriksa kartu kredit dan tagihannya. Memeriksa kembali penggunaan kartu kredit dan tagihan-tagihan yang belum terbayar merupakan langkah bijak. Bagaimanapun, kelahiran anak memerlukan biaya yang tidak sedikit, apalagi kalau harus dilakukan operasi sesar. Jika masih lama masa kelahiran calon bayi, ada baiknya kita membayar tagihan-tagihan semaksimal mungkin. Kemudian minimalkan penggunaan kartu kredit sementara waktu, karena bunganya tergolong tinggi. Jika saatnya tiba, kita akan memiliki cadangan penggunaan uang melalui kartu kredit.

Jika Anda masih merasa khawatir akan kekurangan dana dalam menyambut kelahiran anak, pertimbangkan dengan baik tawaran kredit tanpa agunan dari salah satu bank terpercaya untuk mendapatkan dana tambahan. Pilihlah bank yang dapat membantu dan memberi kemudahan dengan bunga pinjaman yang tidak terlalu tinggi.

Bagaimana jika semua upaya secara dini keuangan diperkirakan kita tidak akan mencukupinya? Bagaimanapun kelahiran tersebut pasti akan terjadi jika Tuhan tidak menentukan lain. Oleh karena itu, carilah upaya semaksimal mungkin dan lakukan secara terus-menerus penyesuaian terhadap pengeluaran saat ini maupun nanti. Sebagai contoh, jika kita tidak mampu membayar tenaga dokter, memakai jasa bidan juga merupakan alternatif yang baik. Langkah antisipasinya adalah mulai sekarang carilah bidan bayi yang dikenal memiliki reputasi yang baik. Persiapan mental terakhir yang dapat dilakukan adalah jangan terlalu khawatir dan percayalah bahwa pada akhirnya sesulit apa pun masalahnya, selalu akan ada pintu keluar yang tidak kita perkirakan sebelumnya. Hal ini dapat kita capai jika kita menyerahkan semua urusan kepada Sang Maha Pencipta. Bukankah pada hakikatnya Dia yang menciptakan segala sesuatu?

Langkah terbaik yang dapat kita lakukan adalah melakukan persiapan segala sesuatunya sedini dan sebaik mungkin. Diharapkan ketika tiba hari “H”, kita tidak terlalu pusing dan repot dengan dana yang harus dikeluarkan. Selamat berhitung dan persiapkan dana untuk calon bayi yang lucu dan menyenangkan!***

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: