Pustaka Digital Ibu dan Anak


Tes Apgar, Sang Penentu

Posted in Ayah Bunda by nugraad001 on August 7, 2007

ayah-bunda.jpg

Sejak menit pertama tubuh si kecil sudah menjalani serangkaian pemeriksaan. Buat apa sih?

Begitu lahir dan dibersihkan, si kecil langsung menjalani serangkaian tes yang dikenal dengan nama pemeriksaan Apgar. Ini merupakan serangkaian pengukuran yang dilakukan untuk menilai kemampuan bayi baru lahir beradaptasi terhadap lingkungan baru di luar rahim ibunya.

Pemeriksaan meliputi penampilan yang dilihat dari warna kulit tubuhnya (appearance), frekuensi denyut jantung (pulse), usaha bayi untuk bernapas yang dinilai dengan mendengarkan lemah atau kuat suara tangisan (grimace), gerakan bayi yang dinilai berdasarkan aktif tidaknya tonus otot (activity), dan reaksi bayi terhadap rangsangan (reflex). Penilaian ini dilakukan pada menit pertama dan kelima setelah lahir.

Setelah kondisi bayi stabil, dilakukan pengukuran tubuh yang meliputi pengukuran berat dan panjang badan, lingkar kepala, lingkar dada, lingkar perut, serta pemeriksaan umum termasuk mendeteksi ada tidaknya kelainan kongenital.

Selanjutnya, pengukuran tubuh si kecil akan dilakukan oleh dokter pada saat kunjungan pertama si kecil ke dokter anak, yakni sekitar seminggu setelah pulang dari rumah sakit.

Timbang badan

Pemeriksaan ini merupakan salah satu indikator untuk mengetahui kesehatan bayi. Bila berat badan si kecil tidak sesuai dengan usianya, bisa menjadi petunjuk adanya gangguan kesehatan fisiknya.

Berat badan normal bayi ketika lahir berkisar antara 2,5 kg. Bila kurang dari itu, digolongkan sebagai bayi dengan berat badan lahir rendah (BBLR). Keadaan sebaliknya juga bisa terjadi, yaitu bayi lahir dengan berat badan terlalu besar. Kedua kondisi tersebut akan mendapat perhatian khusus dari dokter, yakni diusahakan mencapai berat badan normal sesuai umur bayi.

Biasanya, sampai hari ke-4 setelah lahir, berat badan bayi akan menurun antara 5-7% dari berat badan saat lahir. Tapi, secara berangsur-angsur beratnya akan meningkat kembali dalam waktu 2 minggu. Untuk itu, Anda dianjurkan memberikan ASI sesuai kebutuhan bayi, atau kira-kira sebanyak 8-12 kali sehari setelah hari-3 atau hari-4 kelahirannya.

Kenaikan berat badan pada bayi bervariasi, yakni sesuai usia bayi. Untuk trimester pertama, kenaikan berat badan antara 500–1500 gram/bulan; trimester kedua antara 400-800 gram/bulan; trimester ketiga antara 300-500 gram/bulan; dan trimester terakhir antara 100-400 gram/bulan.

Panjang badan

Panjang badan juga merupakan salah satu indikator untuk melihat apakah tumbuh kembang fisik bayi berjalan normal. Panjang badan bayi saat dilahirkan normalnya antara 48 hingga 52 cm. Setelah itu, panjang badannya akan terus bertambah, namun tidak selalu sama tiap bulannya. Selama bulan pertama, pertambahannya bisa mencapai 3,8-4,4 cm, sementara kelak pada bulan ke-12 dan seterusnya pertambahannya hanya sekitar 1,2-1,3 cm/bulan.

Lingkar kepala

Pengukuran lingkar kepala secara tidak langsung dapat menjadi petunjuk besar kecilnya otak yang terdapat di dalamnya. Hal ini berkaitan erat dengan tingkat kemampuan otak tersebut.

Lingkar kepala bayi baru lahir umumnya adalah 35 cm. Biasanya, 31-36 cm untuk bayi perempuan dan 32-38 cm untuk bayi laki-laki. Lingkar kepala si kecil akan bertambah menjadi 48 cm setelah ia mencapai usia 2 tahun.

Setelah pengukuran tubuh yang dilakukan pada kunjungan pertama si kecil ke dokter, sebaiknya pengukuran dan pemantaun kondisi fisik si kecil dilakukan secara rutin sampai usianya setahun. Lakukan pengukuran dan pemantauan ini setiap bulan.

Sri Lestariningsih

Konsultasi ilmiah: dr. Rini Sekartini, SpA, IDAI Jaya, Departemen Ilmu Kesehatan Anak, FKUI/RSUPN Cipto Mangunkusumo, Jakarta.

Powered by ScribeFire.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: