Pustaka Digital Ibu dan Anak


Bobot Turun Naik

Posted in Ayah Bunda by nugraad001 on August 7, 2007

ayah-bunda.jpg

Pemantauan berat badan si kecil sejak detik pertama lahir merupakan indikator kondisi kesehatannya.

Begitu si kecil lahir, penolong persalinan akan melakukan sejumlah pemeriksaan, seperti panjang dan berat, serta gerak refleksnya, dan menimbang berat bayi. Timbang badan ini sangat penting karena begitu terpantau tidak normal, maka harus segera diupayakan menjadi normal demi tumbuh kembangnya kelak.

Tiga kategori

Berat badan yang tidak sesuai dengan umur, bisa menjadi petunjuk adanya gangguan pada fisik si kecil. Penting Anda tahu, ada 3 kategori berat badan si kecil saat lahir, yaitu:

* Berat lahir kurang dari 2,5 kg, maka dia digolongkan sebagai BBLR atau berat badan lahir rendah. Bayi dengan BBLR akan dimasukkan ke dalam inkubator sampai berat badannya normal.
* Berat lahir 2,5-3 kg, berarti berat badan si kecil tergolong normal.
* Berat lahir jauh di atas normal, artinya perlu diberi perhatian khusus karena dikhawatirkan mengalami hipoglikemia (menurunnya kadar gula di dalam darah) pada hari-hari pertama kehidupannya.

Turun dulu

Anda tak perlu khawatir bila berat badan si kecil mengalami penurunan selama hari-hari pertama kelahirannya. Karena, memang sampai hari ke-4, dia akan kehilangan sekitar 5-7% dari berat lahir. Ini merupakan masa bagi si kecil untuk menyesuaikan diri dengan dunia luar.

Untuk mengimbangi penurunan berat badan tersebut, sangat dianjurkan agar si kecil diberi ASI 8-15 kali sehari, mulai hari ke-3 atau ke-4. Dengan demikian, diharapkan, pada 2-3 minggu ke depan, berat badan yang menurun tersebut dapat pulih kembali.

Kenaikan rata-rata

Pada bulan pertama, biasanya kenaikan berat badan rata-rata bayi mencapai 500-1400 gram. Selanjutnya, pada bulan ke-2, akan bertambah sekitar satu kilogram dari berat tubuhnya waktu lahir. Normalnya, pada bulan ke-2, berat badan bayi Anda akan mencapai 3,5 kg hingga 6,8 kg.

Di bulan ke-3, berat badan ideal si kecil ditentukan oleh berat badannya saat lahir. Sebagai patokan, kisaran berat badan bayi usia 3 bulan adalah antara 4,3 hingga 6,8 kg. Untuk mengetahui apakah berat badan si kecil Anda tergolong normal atau tidak, gunakanlah Kartu Menuju Sehat (KMS) atau berkonsultasilah pada dokter pada waktu melakukan pemantauan kesehatan rutin si kecil.

Sri Lestariningsih

Konsultasi ilmiah: dr. Setyadewi Lusyati, SpA, RSAB Harapan Kita, Jakarta.

Powered by ScribeFire.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: