Pustaka Digital Ibu dan Anak


Jalan-jalan yuk…

Posted in Ayah Bunda by nugraad001 on July 4, 2007

ayah-bunda.jpg

Stroller merupakan alat bagi Anda u ntuk membawa si kecil “keliling dunia”!. Bagaimana cara memilihnya?

Jaman sekarang, kereta dorong bayi atau stroller, sudah merupakan salah satu perlengkapan yang “wajib” dipunyai oleh pasangan muda

Di toko yang menjual berbagai perlengkapan bayi, Anda akan melihat 1001 jenis kereta dorong atau stroller . Bukan hanya variasi warnanya yang begitu beragam, tapi juga bentuk atau modelnya. Masing-masing menawarkan beberapa fitur berbeda dan harga yang barvariasi pula.

Tiga Kelompok

Namun, dari berjuta ragam stroller yang tersedia di pasaran, itu semua sesungguhnya dapat dibagi menjadi tiga kelompok besar, yakni stroller biasa, stroller untuk anak kembar, dan yang kini mulai nge- trend adalah stroller untuk para jogger alias mereka yang biasa dan gemar membawa bayinya untuk ikut jogging.

* Stroller biasa

Kelompok ini mencakup semua jenis stroller yang memang dirancang dan difungsikan untuk membawa seorang bayi atau anak balita. Sebab, ada kelompok stroller lain yang memang dibuat khusus untuk membawa anak kembar. Stroller tunggal ini sendiri, bisa dikelompokkan lagi berdasarkan fungsinya.

          – Universal , yakni bisa digunakan sebagai kereta dorong biasa, dan bisa pula dilepas sehingga berfungsi sebagai car seat.
          – Berpasangan dengan car seat . Stroller jenis ini dibuat sepasang dengan car seat yang sangat mirip, baik model maupun warnanya. Jadi, Anda dapat dengan leluasa memindahkan si kecil dari dalam car seat ke dalam stroller, atau sebaliknya. Kedua jenis ini, baik yang universal maupun yang berpasangan dengan car seat, cocok bagi Anda yang sering bepergian.
          – Fungsi tunggal, yakni hanya berfungsi sebagai stroller saja, dan tidak dapat digunakan sebagai car seat.

* Stroller untuk anak kembar

Sesuai dengan fungsinya, stroller ini ada 2 jenis, yakni :

          – Dudukan saling bersebelahan, khususnya untuk kembar 2
          – Dudukan berderet ke belakang, baik untuk kembar 2 maupun lebih.

* Stroller untuk jogging

Stroller untuk membawa si kecil berolahraga (jogging), memiliki ciri khas rodanya berukuran lebih besar dan berbentuk mirip roda sepeda. Ciri khas lainnya adalah bentuknya lebih “langsing” atau lebih streamline dibandingkan stroller biasa, karena bentuk yang “langsing” ini memang dirancang untuk memperkecil terjadinya gesekan udara pada saat digunakan.

Tips Memilih

Untuk mengurangi rasa bingung Anda, kami berikan tips yang akan memudahkan Anda menentukan pilihan yang “pas.”

* Ukuran dan berat. Stroller sangat bervariasi beratnya, ada yang ringan, sedang, dan berat. Apabila Anda termasuk ibu yang “aktif”, maka sebaiknya pilihlah yang ukurannya tidak terlalu besar dan beratnya tergolong ringan sampai sedang. Juga, pilihlah yang ukurannya rodanya tidak terlampau besar, karena salah-salah roda stroller Anda setiap kali akan tersangkut pada deretan rak baju ketika Anda mengajak si kecil berbelanja di mall! Sebaliknya, kalau Anda tidak terlalu banyak bepergian, stroller yang kokoh dan sedikit agak berat, tidak akan jadi masalah bagi Anda.

* Penampilan. Sebaiknya tidak memilih stroller yang berpenampilan terlalu “cantik”, misalnya yang seluruhnya berwarna merah muda dengan renda-renda, sementara Anda belum yakin dengan jenis kelamin janin Anda. Dan juga, siapa tahu kelak anak Anda berikutnya adalah laki-laki! Jadi, untuk pemakaian jangka panjang, pilihlah yang penampilannya netral, bisa untuk si upik maupun si buyung.

* Sistem pengaman. Kebanyakan stroller memiliki 3 sabuk atau sistem pengaman yang “mengikatkan” tubuh si kecil pada stroller. Akan tetapi, pada bayi atau anak balita yang tergolong sangat aktif, 3 sistem pengaman itu kurang memadai. Nah, kalau si kecil Anda tergolong anak yang sangat akif, sebaiknya Anda memilih stroller yang menyediakan 5 sabuk atau system pengaman, sehingga apa pun “polah” si kecil, dia akan terjamin aman “melekat” pada stroller- nya .

* Bel dan penutup. Beberapa produsen stroller menyediakan beraneka perlengkapan tambahan yang dapat dibeli bebas. Misalnya, bel atau peluit, mainan yang dapat digantung atau dipasang di depan, penutup (cap), bahkan penutup menyeluruh yang terbuat dari plastik tembus pandang. Belilah berbagai perlengkapan tambahan itu sesuai kebutuhan, dan jangan tergiur hanya oleh penampilannya yang “menggemaskan.”

Sri Lestariningsih

Powered by ScribeFire.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: