Pustaka Digital Ibu dan Anak


Satu Jam Pertama yang Menentukan

Posted in Parent Guide by nugraad001 on June 8, 2007

parent-guide.jpg

Menyusui satu jam pertama setelah bayi lahir menentukan keberhasilan menyusui eksklusif. Bayi bisa melakukannya sendiri, asal diberi kesempatan.

Pernah menonton video dokumenter enam menit berjudul Delivery Self Attachment karya Dr. Lennart Righart? Kalau belum, tontonlah. Waktu video itu diputar di depan para undangan Peringatan Bulan ASI Nasional 2006 di Istana Merdeka akhir Agustus 2006, hampir semua yang menyaksikan takjub dan terharu. Bahkan ada yang sampai menitikkan air mata!

Isi video itu sama sekali tidak mengeksploitasi kemiskinan atau kesengsaraan siapa pun. Melainkan ‘hanya’ menampilkan bagaimana bayi yang usianya belum lagi 1 jam menemukan sendiri puting susu ibunya. Digambarkan dengan jelas dalam video tersebut bayi baru lahir yang ditengkurapkan di atas perut ibunya. Bayi itu mampu merangkak mendekati payudara ibunya, kemudian ‘mencaplok’ dan mengisap-isap puting dengan mulutnya, tanpa bantuan siapa pun!

Satu Jam Saja 
Lennart Righard tentu bukan tanpa maksud meluncurkan video tersebut. Dokter anak dari Department of Pediatrics, Lund University, University Hospital, Swedia itu ingin memperlihatkan bahwa bayi-bayi yang dilahirkan dengan proses normal,  ketika lahir memiliki kemampuan untuk merangkak mendekati payudara ibunya dan mengisap puting. Menurut pengamatan Dr. Lennart, bayi-bayi yang lahir secara normal dan dalam 1 jam pertama kehidupannya (tanpa dimandikan) langsung ditengkurapkan ke perut ibunya, umumnya berhasil menemukan payudara dan mengisap puting dalam 50 menit, tanpa bantuan siapa pun. 

Penayangan video Dr. Lennart pada acara Peringatan Bulan ASI Nasional dan Seminar ‘ASI dalam Legislasi’ — di hadapan Ibu Negara, Menteri Kesehatan dan pejabat-pejabat Departemen Kesehatan, para wakil rakyat, para dokter anak, bidan, sampai asosiasi produsen makanan bayi — sangat strategis bagi kesejahteraan bayi-bayi di negeri ini, karena menekankan pentingnya memulai (inisiasi) kegiatan menyusui sejak dini. Inisiasi kegiatan menyusui ini amat menentukan keberhasilan menyusui eksklusif, dan keberhasilan menyusui eksklusif akan menurunkan angka kematian bayi. “Sebanyak 22% kematian bayi baru lahir setiap tahunnya dapat dicegah bila kegiatan menyusui dimulai dalam 1 jam pertama setelah lahir,” papar Dr. Utami Roesli, SpA, MBA, mengutip pendapat Edmond, dkk dari Pediatrics, 2006.

Mencegah 22% kematian bayi per tahun, adalah sama dengan menyelamatkan nyawa 21 ribu bayi per tahun. Maka, tontonlah video Delivery Self Attachment-nya Dr. Lennart Righard, jika Anda belum menyaksikannya. Anda akan semakin yakin betapa pentingnya persalinan normal. Juga, betapa menentukannya satu jam pertama dalam kehidupan bayi. Bukan hanya untuk keberhasilan menyusui, tapi untuk keberlangsungan hidup bayi, ribuan jam sesudahnya. PG

Powered by ScribeFire.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: