Pustaka Digital Ibu dan Anak


Trimester Kedua: Aku Manusia!

Posted in Parent Guide by nugraad001 on June 6, 2007

parent-guide.jpg

Selama trimester kedua kehamilan, janin menyempurnakan bentuk fisiknya, sehingga ‘sudah kelihatan seperti manusia’.

Vera Jeffrey (31 tahun), pernah keguguran ketika hamil pertama. Saat itu kandungannya berusia lima bulan. Menurut dokter, bayinya terlilit tali pusar, sehingga kekurangan pasokan makanan dan oksigen. “Waktu bayinya dikeluarkan aku nggak lihat. Soalnya aku kan dibius total. Tapi kata suamiku bentuknya sudah seperti bayi. Tangan-kakinya sudah kelihatan sempurna.”

Vera tak bermaksud berbagi cerita duka. Apalagi Yang Maha Pemurah telah mengganti janin mereka yang gugur dengan 1 putri dan 2 putra yang sehat dan cerdas. Ia sekedar ingin berbagi kekaguman betapa pesatnya pertumbuhan dan perkembangan janin selama trimester kedua.

Dan memang benar. Janin — yang pada akhir trimester pertama panjangnya baru sekitar 7,5 cm, berat 22,4 gram, serta baru tumbuh jari tangan dan kaki – sudah bisa dibilang sempurna ‘tampilan luar’nya sebagai anak manusia di akhir trimester kedua (minggu ke-27). Ingin tahu perkembangan tampilan luar bayi minggu ke minggu? Inilah dia:

  • Minggu ke-13

Kedua kelopak mata bayi masih menutup dan menyatu. Telinganya hampir berada di posisi normal. Kepalanya, yang proporsinya saat ini mencapai setengah panjang tubuh bayi (jika diukur dari puncak kepala ke bokong), mulai melambat pertumbuhannya.

  • Minggu ke-14

Wajah bayi kini sudah jauh lebih mirip manusia. Bentuk dagu, hidung dan kepala bagian depan sudah lebih tegas. Leher makin panjang, dan dagu tidak lagi menempel ke dada. Bayi juga mulai punya sidik jari. Alat kelamin luar terus berkembang, sehingga sedikit mempermudah untuk membedakan bayi laki-laki dari bayi perempuan. Panjang tubuhnya sekitar 8,89 cm, dan berat sekitar 28 gram.

  • Minggu ke-15

Kulit bayi masih tipis dan transparan, sementara sekujur tubuhnya diselubungi lanugo (rambut halus). Alis dan bulu mata mulai tampak, tapi belum berwarna. Rambut di kepala mulai menebal, dan pola rambut kepala sedang berkembang. Mata dan telinga sudah terlihat seperti mata dan telinga bayi sungguhan. Kedua telinga hampir mencapai posisi akhir. Akhir minggu ini, panjang bayi sekitar 10,16 cm dan beratnya sekitar 50,2 gram.

  • Minggu ke-16

Kuku-kuku jari tangan dan kaki sedang terbentuk. Kelopak mata masih tertutup rapat. Alat kelamin luar sudah cukup jelas untuk dideteksi dengan USG. Panjang bayi antara 10,16 cm – 12,7 cm dan beratnya hampir 85 gram. Oh ya, mungkin di akhir minggu ini Anda sudah bisa merasakan gerakan bayi!

  • Minggu ke-17

Di bawah kulit bayi mulai terbentuk lapisan lemak yang akan menjaga temperatur tubuh. Tak heran jika bobot tubuh bayi saat ini mulai melebihi berat plasenta. Beratnya sekarang sekitar 89,4 gram dan panjangnya hampir 12,7 cm. Gerakan bayi pun semakin terarah.

  • Minggu ke-18

Berat bayi hampir mencapai 142 gram, dan panjangnya sekitar 13,9 cm. Benar-benar ‘terasa’ pertumbuhannya! Tulang-tulangnya sedang mengeras dan bertambah kokoh. Sementara itu, kulitnya mulai ditutupi vernix — semacam lapisan pelindung berwarna putih.   

  • Minggu ke-19

Seluruh pemukaan kulit bayi – berikut lanugo-nya — telah tertutup vernix. Jemari kakinya memang tidak berkembang secepat jari tangan, tapi tak akan segera menyusul. Berat badan bayi sekitar 227,2 gram dan panjangnya hampir 15,24 cm. Pesat sekali pertumbuhannya! 

  • Minggu ke-20

Inilah titik tengah masa kehamilan. Berat bayi sudah mencapai sekitar 255,6 gram, dan panjang 15,6 cm (ada yang memperkirakan ukuran bayi lebih besar lagi, yaitu berat sekitar 259,8-283,5 gram dan panjang 25,4 cm!). Di bawah vernix, kulit bayi semakin tebal dan mulai membentuk lapisan-lapisan. Bayi sekarang juga punya segurat tipis alis mata, dan rambut di kepalanya semakin banyak. Anggota badan sudah berkembang baik.

  • Minggu ke-21

Bayi makin heboh bergerak! Bahkan gerakannya bisa dirangsang dan ditenangkan dari luar. Mungkin karena kedua kakinya sudah memanjang, sehingga perbandingannya sudah sesuai proporsi tubuh. Berat bayi diperkirakan sekitar 340,8 gram dan panjangnya sekitar 27,94 cm.

  • Minggu ke-22

Kepalanya sekarang sudah lebih proporsional terhadap tubuhnya. Pada bayi laki-laki, buah zakar mulai muncul, sementara pada bayi perempuan, rahim dan indung telur sudah ada di posisinya (lengkap dengan pasokan telur-telurnya). Berat bayi antara 345,2 – 453, 6 gram (ada yang memperkirakan sampai 455 gram). Panjangnya antara 25,4 – 30,48 cm.

  • Minggu ke-23

Berat bayi sekitar 453,6 gram sekarang (seukuran boneka kecil). Ia semakin mirip bayi baru lahir, karena kulitnya tidak terlalu transparan lagi. Mungkin karena produksi lapisan lemak semakin cepat. Jika ia harus lahir saat ini, peluang hidupnya antara 10-35 persen.

  • Minggu ke-24

Berat bayi bertambah spektakuler menjadi sekitar 680 gram. Panjangnya sekitar 31,75 cm. Sidik jari tangan dan kakinya semakin jelas.

  • Minggu ke-25

Panjang bayi kini sekitar 34,29 cm. Tangan bayi telah berkembang sempurna. 

  • Minggu ke-26

Berat bayi antara 680 – 900 gram. Panjangnya sekitar 33,65 cm. Kulitnya tidak begitu transparan lagi. Alis dan bulu mata sudah sempurna. Rambut di kepala juga makin panjang dan lebat. Mata bayi sudah berkembang sempurna, namun  belum terbuka. 

  • Minggu ke-27 (Minggu terakhir trimester kedua)

Panjang tubuh bayi 35,275 cm, atau bertambah 3-4 kali dibanding akhir trimester pertama. Beratnya sekitar 900 gram. Mata bayi mulai terbuka. Kulitnya mengeriput, karena tumbuh lebih cepat dibanding lapisan lemak di bawahnya. Folikel-folikel rambut di seluruh permukaan kulit mulai terbentuk.

Demikianlah pertumbuhan dan perkembangan ‘manusia kecil’ dalam tubuh Anda. Jika ia harus lahir di akhir trimester ini, mungkin ada komplikasi serius. Tapi, peluang hidupnya sudah mencapai 85 persen. Syukurlah! lPG


Powered by ScribeFire.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: